Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap


Cara Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut merupakan hal yang sangat mengganggu, terutama dalam pergaulan. Bau tak sedap dari mulut Anda dapat menyebabkan anda tersisih dalam pergaulan. Dan juga dapat membuat anda kehilangkan kepercayaan diri. Bayangkan saja anda sudah tampil rapi dan gantang/cantik tetapi orang menutup hidung dan memalingkan wajah ketika Anda berbicara.

Cara menghilangkan bau mulut – Semua orang tentu tidak mau jika mulutnya mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Bau mulut yang keluar tentu akan sangat mengganggu tidak hanya diri sendiri tapi juga orang lain. Hal itu juga akan membuat orang merasa marah dan juga bisa membuat malu bagi yang mengalaminya. Oleh karena itu bau mulut memang tidak seharusnya dipertahankan akan tetapi harus segera dihilangkan.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami


Bau mulut tidak sedap juga bisa menurunkan kredibilitas seseorang. Sehingga bisa memunculkan image negatif dari orang lain kalau si orang yang punya bau mulut adalah orang yang jorok dan tidak suka menjaga kebersihannya. Ini bisa menjadi masalah yang lebih besar lagi jika anda adalah seorang pebisnis yang kerjanya selalu harus berbicara dengan kolega yang tentunya membutuhkan aroma yang sedap yang keluar dari mulut.

PENYEBAB BAU MULUT

Lalu apa penyebab bau mulut? sebelum berbicara cara menghilangkan bau mulut, ada baiknya kita kenali beberapa sebab yang dapat menjadikan mulut seseorang itu bau yaitu antara lain :

  1. Kurang bisa menjaga kebersihan mulut. Pastikan untuk sikat gigi minimal dua kali dalam sehari, pagi serta malam menjelang anda tidur.
  2. Makan makanan pemicu bau mulut seperti jengkol atau petai. Makan tersebut memang enak rasanya, namun tentu saja menimbulkan bau mulut tidak sedap.
  3. Kebiasaan merokok juga bisa membuat nafas orang yang merokok menjadi tidak sedap. Begitu banyak bahaya merokok, menyebabkan mulut anda bau tembakau dan terasa kecut setiap saat.
  4. Sakit sariawan. Munculnya sariawan juga bisa menyebabkan bau mulut tidak sedap. Segera obati sariawan anda.
  5. Lupa akan sarapan pagi. Kebiasaan tidak makan pagi bisa menimbulkan bau mulut tidak sedap. Seharusnya pastikan sikat gigi sesudah makan pagi.
  6. Adanya gangguan pada gigi seperti gigi berlubang. Bakteri pada gigi yang berlubang juga menimbulkan bau mulut tidak sedap. Terlebih pada saat sakit gigi, kita malas sekali sikat gigi dan memasukkan makanan sehat lewat mulut dikarenakan menahan rasa sakit pada gigi.

CARA MENGATASI BAU MULUT

Itulah beberapa penyebab bau mulut yang mungkin tidak disadari. Lalu bagaimana cara mengatasinya bila kita sudah terlanjur bau mulut? Diantara cara menghilangkan bau mulut yang bisa anda lakukan adalah:

1. Menjaga mulut anda tetap lembab. Mulut yang kering adalah sumber dari bau mulut. Air liur membantu agar mulut anda tetap lembab dan berfungsi sebagai antiseptik dan enzim yang membunuh bakteri. Itu sebabnya napas lebih bau di pagi hari karena mulut menghasilkan sedikit air liur saat tidur. Bagaimana menjaga mulut tetap lembab?

  • Permen karet. Selain menutupi bau dengan beberapa jenis aroma yang segar, permen karet juga merangsang produksi air liur. Tapi hindari permen rasa mints, karena mints tidak mendorong produksi air liur. Pilihlah permen karet yang berkualitas. Permen karet yang asal-asalan malah menyebabkan gigi anda sakit.
  • Minum air. Minumlah banyak air putih dan gunakan air dengan berkumur diantara sela-sela gigi anda. Air tidak selalu meningkatkan produksi air liur, tapi itu akan membersihkan mulut dan itu baik untuk membuat mulut anda tetap lembab.
  • Mulut kering dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu dan kondisi medis. Konsultasikan kepada dokter tentang obat yang anda konsumsi dan ceritakan tentang efek samping mulut anda yang kering.

2. Berkumur. Seringlah berkumur untuk membersihkan sisa-sisa makan pada mulut anda. Anda juga bisa menggunakan obat kumur yang higienis dan berkualitas yang dapat anda beli di pasaran.

3. Menjaga kebersihan mulut dan juga gigi dengan cara gosok gigi secara teratur. Gosok gigi secara teratur bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut anda. Cobalah untuk gosok gigi sehabis makan secara teratur.

4. Menghentikan kebiasaan merokok. Selain buruk bagi kesehatan, menghentikan kebiasaan merokok juga mengurangi bau mulut yang tidak sedap.

5. Hindari mengkonsumsi makanan yang bisa menimbulkan bau mulut. Untuk sementara hindari makanan antara lain : jengkol dan petai.

6. Banyak mengkonsumsi buah-buahan. Buah terutama yang mengandung vitamin c seperti jeruk, apel, pisang dll membantu memerangi bakteri di mulut. Selain buah-buahan, sayuran seperti wortel dan seledri juga bermanfaat menghilangkan bau mulut.

7. Mengkonsumsi Jus Jeruk atau Jus Nanas. Sebelum tidur, buatlah segelas jus jeruk atau jus nanas dengan air hangat. Anda bisa menambahkan satu sendok madu dan sedikit kayu manis untuk menambah rasa yang nikmat. Mengkonsumsi jus jeruk atau nanas membuat bangun pagi anda dengan napas yang segar.

Cara menghilangkan bau mulut secara alami di atas bisa anda lakukan sendiri di rumah. Di beberapa toko sudah ada juga yang menyediakan larutan untuk menjaga agar mulut tetap bersih dan juga sedap. Mungkin anda juga bisa untuk mencobanya.
 
Tips Kita © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top